Ditulis pada tanggal 6 Juli 2019, oleh admin, pada kategori Berita

Drh.Ahmad Fauzi, M.Sc., dan tim dosen FKH UB lainnya, yakni drh.Dian Vidiastuti, M.Si, drh.M.Arfan Lesmana, M.Sc., dan drh.Aldila Noviatri, M.Biomed telah melaksanakan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelayanan pemeriksaan kebuntingan hewan kesayangan pada hari Sabtu, 6 Juli 2019 bertempat di lantai 1 Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Brawijaya, Puncak Dieng Eksklusif, Kalisongo, Kabupaten Malang.

Drh. Ahmad Fauzi, M.Sc. menyampaikan bahwa pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat, khususnya pemilik hewan kesayangan untuk lebih memperhatikan kesehatan organ reproduksi hewan kesayangannya. Acara ini terselenggara menggunakan dana DPP/SPP Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya.

Acara ini diawali dengan registrasi peserta (pemilik hewan dan hewan kesayangan,persiapan hewan untuk USG, pemeriksaan kebuntingan, dan penyuluhan mengenai kebuntingan dan kesehatan organ reproduksi hewan kesayangan. Pemaparan materi penyuluhan dilaksanakan oleh drh.M.Arfan Lesmana, M.Sc. yang menyampaikan mengenai perawatan kebuntingan pada hewan kesayangan, dan juga pertolongan kelahiran pada hewan kesayangan, termasuk cara perawatan pasca kelahiran terhadap anak maupun induknya. Pada akhir penyuluhan dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi, dimana peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan.

Pada acara ini dilakukan pemeriksaan kebuntingan terhadap 35 ekor kucing betina yang dibawa oleh pemiliknya masing-masing. Pemeriksaan kebuntingan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik dan pemeriksaan menggunakan alat ultrasonografi (USG). Berdasarkan pemeriksaan tersebut pemilik hewan kesayangan dapat mengetahui status kesehatan reproduksi dan kebuntingan hewan kesayangannya dan berkonsultasi mengenai kesehatan organ reproduksi dengan dokter yang melakukan pemeriksaan, yakni drh.Ahmad Fauzi, M.Sc. dan drh.Dian Vidiastuti, M.Si. (ANV)