TURUN LANGSUNG KE LAPANGAN, PELAYANAN KESWAN ¨PMK¨ DI KOTA BATU

Batu, 18 Mei 2022,  Kota batu adalah satu wilayah di jawa timur yang terserang wabah penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Wabah ini sangat mengganggu, menyebabkan penurunan perekonomian dan bahkan membuat panik masyarakat khususnya sebagian peternak yang berada di wilayah kota Batu.

Menanggapi situasi wabah ini, FKH UB menginisiasi terbentuknya satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) UB yang terdiri dari Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Peternakan di dampingi oleh, Dekan FKH UB, drh. Dyah Ayu Oktavianie A.P., M. Biotech berkolaborasi dengan Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kota Batu. Dalam kegiatannya Tim satgas ini melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan dalam rangka pengendalian wabah PMK di wilayah kota Batu.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan ini selain dilakukan oleh tim satgas, juga diikuti oleh dokter – dokter hewan PDHI Jatim 2 serta para mahasiswa PPDH FKH yang sangat antusis dan bersemangat tinggi. Peternak yang telah terdata oleh dinas dikunjungi oleh tim dokter hewan untuk di cek status Kesehatan ternaknya lalu diberikan vitamin, antibiotik dan juga diberikan desinfektan.

Pemberian edukasi kepada peternak juga dilakukan sebagai upaya tanggap kasus penyebaran PMK dan mengajak masyarakat untuk segera melapor kepada dinas atau dokter hewan berwenang apabila diketahui ternaknya bergejala (hipersalivasi, pincang, luka pada kaki atau celah kuku, lidah, puting, dan demam).

Kontribusimu bagi masyarakat selalu dinanti, Jaya selalu FKB UB ! (HUMAS FKH UB)