Pengenalan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Mikrobiologi Modern pada Siswa Sekolah Menengah Atas “SMA Taruna Dra. Zulaeha”

Mikrobiologi merupakan salah satu cabang ilmu yang memiliki perkembangan pesat di abad ke 21. Perkembangannya sudah menghasilkan beberapa manfaat yang saat ini bisa kita gunakan seperti antibiotik dan vaksin. Namun titik awal perkembangan ilmu mikrobiologi belum banyak diketahui. Maka dari itu, drh. Gegana Airlangga melakukan pengabdian masyarakat terkait perkembangan ilmu dan teknologi mikrobiologi modern ke siswa menengah atas “SMA Taruna Dra. Zulaeha”. Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini pada hari sabtu, 24 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh siswa jurusan matematika dan IPA kelas XI dan XII. Materi yang diberikan berupa awal perkembangan mikrobiologi hingga mikrobiologi modern. “Awal perkembangan mikrobiologi dimulai ketika Robert Hooke yang melakukan pengamatan mikroskopik dan kemudian ditulis dalam sebuah buku Micrographia (1665). Penemuan lain juga mulai dikembangkan oleh Antonie van Leeuwenhook yang mengamati sel bakteri tahun 1676 dan dilaporkan kepada Royal Society of London (1684)”, kata drh. Gegana.

Saat ini perkembangan ilmu mikrobiologi beriringan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga sangat memungkinkan hal yang belum diketahui sebelumnya bisa diwujudkan oleh peneliti-peneliti mikrobiologi seperti perkembangan antibiotik dan vaksin. Hal inilah yang diharapkan dari kegiatan pengabdian masyarakat kepada siswa SMA Taruna Dra. Zulaeha yaitu memberikan wawasasn luas terhadap perkembangan mikrobiologi modern serta mempersiapkan diri untuk bisa adaptif terhadap perkembangan mikrobiologi di masa mendatang. (Gegana)