Lomba Artikel Mahasiswa 2020

Lutfhi Annisa Kamal, FKH UB 2019

Mahasiswa adalah seseorang yang dinilai memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan berpikir, serta kerencanaan dalam bertindak. (Siswoyo,2007)

Assalamualaikum wr.wb
Perkenalkan saya Lutfhi Annisa Kamal, mahasiswa FKH UB angkatan 2019. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas diberikannya kesempatan untuk menceritakan pengalaman saya ketika mengikuti perlombaan HANI (Hari Anti Narkotika Internasional) 2020 yang diselenggarakan oleh UKK OASE X DITMAWA MERCUBUANA, Universitas Mercubuana.
Saya mendapatkan informasi perlombaan ini pada siang hari melalui Tio, komting angkatan 2019, yang membagikan poster perlombaan tersebut di grup Whatsapp angkatan 2019. Tidak lama setelah membacanya saya segera menyiapkan artikel, tidak lupa melakukan sedikit research artikel maupun berita yang terpercaya di internet, sebenarnya ketika mengikuti lomba semacam ini tidak perlu memakan waktu berhari-hari, asalkan memiliki niat dan kesungguhan dalam mengerjakannya bisa selesai dalam waktu kira-kira setengah hari, pada sore hari nya saya submit artikel saya di formulir pendaftaran. Selama menulis juga bisa dilakukan dengan santai (misal : dengan mendengarkan musik, atau hobi yang bisa dilakukan lainnya) yang akan membuat pikiran jernih, sehingga mudah mendapatkan inspirasi. Yang perlu diketahui tidak ada biaya pendaftaran (gratis), dengan hadiah yang bagi saya itu bernominal besar.
Bagi saya hadiah merupakan bonus, bisa membantu meringankan biaya yang dikeluarkan orang tua dan sekaligus pemacu semangat, adapun hal yang tidak kalah penting yakni pengalamannya, setiap perlombaan baik kalah maupun menang terdapat hal yang dapat diambil, misalnya ketika gagal saya akan mengevaluasi kesalahan apa yang saya lakukan sehingga membuat gagal, dan akan memperbaikinya di event perlombaan selanjutnya, karena memang sebenarnya saya tidak jarang gagal dalam perlombaan, namun tidak boleh patah semangat, dan tidak lupa untuk selalu berdoa, karena segala sesuatu datangnya atas izin Allah. Ketika menang saya mengembangkan apa yang saya lakukan saat itu.
Alasan saya untuk mengikuti perlombaan ini adalah untuk mengisi waktu luang saya, yang kebetulan event nya diadakan ketika liburan semester, serta mengasah skil dalam menulis di tengah pandemi Covid-19. Walaupun di tengah pandemi tidak saya jadikan alasan untuk tidak produktif. Sebagai mahasiswa saya ingin memanfaatkan setiap kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin.
Artikel yang saya lombakan berjudul “Jangan Biarkan Penyalahguna Narkoba Berpesta di Kala Pandemi Covid-19” yang berisi ajakan untuk seluruh masyarakat Indonesia agar tidak mengabaikan kasus narkoba di tengah pandemi ini, hal yang ditakutkan adalah para penyalahguna narkoba memanfaatkan situasi ini untuk memproduksi, mengendarkan, dan mengkonsumsi narkoba karena banyak masyarakat yang terfokus dalam menghadapi Covid-19, sebagai mahasiswa saya ingin membantu untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar tidak mengabaikan kasus narkoba begitu saja, sehingga harapannya dapat seimbang antara keduanya. Alhamdulilah artikel saya mendapatkan juara 2 pada kompetisi tersebut.
Demikian cerita yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kesalahan, semoga dapat tetap bersemangat di tengah keadaan ini, terimakasih :)
Wasalamualaikum wr.wb