Ditulis pada tanggal 5 Agustus 2019, oleh admin, pada kategori Berita

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Dies Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya Ke-11, pada hari Senin (5/8/2019) FKH UB berkolaborasi dengan PDHI Cabang Jatim II menyelenggarakan Workshop Kesehatan Hewan dan Daging Kurban Serta Pelepasan 782 Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Tahun 1440 H/2019 M oleh Rektor UB Prof.Dr.Ir Nuhfil Hanani A.R., M.S dan Dekan FKH Dr.Ir Sudarminto Setyo Nugroho, M.App.Sc. Bertempat di Gedung Kebudayaan Mahasiswa, kegiatan ini diikuti oleh anggota PDHI Cabang Jatim II, Dosen FKH UB, Mahasiswa FKH UB dan umum sebanyak 436 orang.

Workshop ini merupakan bentuk kegiatan partisipasi FKH UB dalam pemantauan penjaminan keamanan pangan asal hewan Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). Materi workshop disampaikan oleh empat nara sumber, yakni Dr. Ir. Sucipto, MP dari Halal Center UB mengenai penyediaan hewan kurban yang sesuai dengan Syariat Islam, Drh. Deddy Fachrudin selaku Ketua PDHI Cabang Jatim II tentang penerapan kesejahteraan hewan pada hewan kurban, Drh. Reni Indarwati, M.Si dari Balai Besar Pelatihan Peternakan, Batu yang menyampaikan tentang pemeriksaan antemortem, postmortem dan penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan syar’i, dan Dosen FKH UB Dr.drh. Masdiana C.Padaga, M.App.Sc tentang penyediaan daging kurban yang ASUH.

Pada kesempatan ini, FKH UB bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto, Dinas Pertanian Kota Batu, Dinas Peternakan Kabupaten Malang, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo dalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban di wilayahnya.

Drh. Mira Fatmawati, M.Si selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa 782 petugas pemeriksa dari FKH yang terdiri atas dosen dan mahasiswa bersama-sama dengan dokter hewan dari dinas terkait akan diterjunkan ke beberapa daerah. Persebarannya yakni 63 orang di Kota Batu, 109 orang di Kabupaten Malang, 456 orang di Kota Malang, 41 orang di Kota Mojokerto, 6 orang di Kabupaten Probolinggo dan 8 orang di Kabupaten Lamongan. Sebanyak 129 petugas pemeriksa FKH UB lainnya akan melaksanakan pemeriksaan di beberapa tempat di Kota dan Kabupaten Malang yang telah mengirimkan permintaan khusus kepada FKH UB, seperti Polres Batu dan Malang. Data pemeriksaan yang didapatkan akan diserahkan pada Dinas terkait.

Pemeriksaan kesehatan hewan (antemortem) akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2019, sedangkan pemeriksan kesehatan daging kurban (postmortem) dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2019. (ANV)