Ditulis pada tanggal 20 Juli 2018, oleh admin, pada kategori Berita

(Malang, 12 Juli 2018), Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Brawijaya Ke-56, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (FKH UB) menyelenggarakan kegiatan pelatihan berkelanjutan (Continuing Profesional Development) yakni Brevet Ophthalmology. Kegiatan BREVET dalam bidang veterinary opthalmology ini merupakan kegiatan pertama kali di Indonesia oleh pihak perguruan tinggi, guna memfasilitasi peningkatan kualitas (building capacity) pengetahuan dan keterampilan dokter hewan di seluruh Indonesia dalam bidang Opthalmology hewan yang bertaraf international. kegiatan ini memiliki keunggulan dimana peserta akan mendapatkan materi kuliah dan pelatihan secara lengkap dan komprehensip, fokus pada satu bidang ilmu ophthalmology serta ditunjang dengan praktikum/workshop yang selanjutnya akan dinilai oleh mentor/tutor yang telah terkualifikasi secara nasional dan internasional.

Kegiatan ini bertema “Brevet: Basic Ophthalmology Veteriner diikuti oleh 28 dokter hewan dari seluruh Indonesia yang memiliki special interest terkait Ophthalmology (mata). Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari berturut-turut dari tanggal 16-20 Juli 2018 yang bertempat di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, Kampus 2 UB Puncak Dieng Eksklusif Dusun Kalisongo, Dau, Kabupaten Malang. Adapun mentor/ tutor selama kegiatan adalah Prof. Naoaki Takiyama, DVM,PhD., DaiCVO, beliau seorang Diplomate ophthalmology veteriner di Asia sekaligus merupakan seorang profesor di Nihon University, Japan. Selain itu Yoshiki Itoh, DVM, PhD., DaiCVO, beliau juga merupakan seorang Diplomate ophthalmology veteriner di Asia sekaligus sebagai asisten profesor di Yamaguchi University, Japan.

BREVET merupakan suatu pendidikan non formal dari seseorang yang diakui keahlianya dalam mengerjakan dan mengajarkan keilmuan dan praktek secara utuh, sehingga diharapkan para peserta lebih mengetahui, mengerti dan lebih percaya diri dalam mengaplikasikan ilmu saat menjadi praktisi”. Tujuan dari kegiatan BREVET Basic Ophthalmology Veteriner adalah sebagai wadah bagi para dokter hewan yang ingin mendalami terkait pemeriksaaan mata dan operasi pada mata dan sekitarnya. dan sebagai sarana pembelajaran berkelanjutan bagi dokter hewan dengan special interest Ophthalmology di Indonesia. Kegiatan BREVET diharapkan mampu melahirkan dokter hewan specialis yang peduli akan profesi yang menjalankan keilmuanya berdasar scientific knowledge, mempunyai kesadaran untuk maju dan menjadi dokter  hewan yang profesional dibidangnya untuk memenuhi harapan klien/pengguna jasa dengan ilmu yang dimiliki  serta memiliki kesadaran akan persaingan nasional maupun global untuk terus menggali potensi diri sebagai dokter hewan specialis.

Harapan kedepan dari kegiatan Brevet: Basic Ophthalmology Veteriner adalah (1) sebagai langkah awal dalam menjaring praktisi dokter hewan yang mau belajar dan fokus sebagai dokter hewan yang memiliki special interest dalam hal ini Ophthalmology. (2) dokter hewan yang serius fokus di bidang Ophthalmology akan dilanjutkan ke tingkat advance dan selanjutnya diharapkan lebih serius mengaplikasikan keilmuan serta skill dengan benar dalam praktek seharinya. (3) Dari peserta brevet/ non peserta brevet yang memiliki interest  dikeilmuan Ophthalmology  dapat menjaring kolega sejawat yang seminat untuk membentuk asosiasi keminatan dengan aktifitas utama adalah diskusi  yang hanya fokus terkait keilmuan.

“Brevet: Basic Ophthalmology Veteriner merupakan kegiatan awal yang nanti akan berlanjut ke tahapan berikutnya yakni “Brevet: Advance Ophthalmology Veteriner”. Diharapkan selanjutnya bisa diteruskan dan dilanjutkan pada bidang keilmuan lainya seperti special interest pada soft tissue surgery, feline medicine, internal medicine dan  dermatology”.(Isphp).

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya

Kampus 2 UB, Puncak Dieng Eksklusif Ds. Kalisongo, Dau, Kab. Malang

Tlp. +62341-5029152, Fax. +62341-5029152

http://fkh.ub.ac.id email: pskh_ub@ub.ac.id

234567