Ditulis pada tanggal 6 Agustus 2019, oleh admin, pada kategori Berita

Dalam rangka menindaklanjuti temuan AIM terkait prosedur pengecekan plagiasi di program studi, pada hari Selasa (6/8/2019) FKH UB menyelenggarakan pengenalan dan pelatihan penggunaan Turnitin dalam kegiatan “Lokakarya Penggunaan Turnitin Bagi Civitas Akademika FKH UB”. Bertempat di Ruang 3.08 Gedung B FKH UB, kegiatan ini diikuti oleh dosen dan tenaga pendidikan (Tendik) FKH UB.

Turnitin adalah sebuah aplikasi website, yakni Turnitin.com yang menyediakan fasilitas untuk mendeteksi berapa persen tingkat kesamaan suatu karya tulis dengan mencocokkan karya tersebut dengan karya yang telah dipublikasikan. Turnitin dapat mendeteksi tindakan plagiasi terhadap suatu karya yang harus diuji keasliannya.

Pengenalan dan pelatihan penggunaan Turnitin dibimbing oleh instruktur dari Perpustakaan UB, Dedy Gusra, S.Ag. Perpustakaan UB dengan konsisten melakukan sosialisasi dan workshop penggunaan Turnitin terhadap civitas akademika UB sejak melanggan pada tahun 2016.

Pada lokakarya ini peserta kegiatan yang telah mengirimkan nama dan alamat email UB-nya dibimbing dalam pembuatan akun, mendaftarkan username dan password pada website Turnitin.com, serta mendapatkan hak akses sebagai Instructor. Hak akses sebagai Instructor memberikan wewenang bagi dosen dan tendik FKH UB untuk dapat membantu mahasiswa atau student dalam pemanfaatan Turnitin, yakni dengan membuat grup atau Class yang memungkinkan student dapat mengirimkan file atau submission  dalam Class Turnitin. Dengan demikian dosen dan tendik FKH UB dapat melakukan deteksi keautentikan karya ilmiah miliknya sendiri, maupun milik mahasiswa. (ANV)