Ditulis pada tanggal 8 May 2019, oleh admin, pada kategori Berita

Penjajakan kerjasama antara FKH UB dan Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan (LP2IL) Serang telah dilaksanakan pada Selasa, 7 Mei 2019. Acara ini dibuka oleh Dekan FKH UB, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc. dan dilanjutkan dengan presentasi profil LP2IL oleh drh. Ratna Amalia Kurniasih. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: PER.28/MEN/2010, LP2IL merupakan Unit Pelaksana Teknis di bidang pemeriksaan hama, penyakit ikan dan lingkungannya yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Perikanan Budidaya. Unit yang berlokasi di Jalan Raya Carita, Desa Umbul Tanjung Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang ini memiliki visi yaitu “Terdepan dalam pengelolaan kesehatan ikan dan lingkungan”.


Unit ini telah dilengkapi sarana dan prasarana yang memenuhi standar SNI ISO/IEC 17025:2008 (ISO/IEC 17025:2005) dan terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional. Pelayanan yang diberikan berupa berbagai macam pengujian di bidang perikanan yang wilayah kerjanya mencakup seluruh Indonesia. Untuk itu LP2IL memiliki beberapa laboratorium dan instalasi pengujian, yakni :
1. Instalasi Uji Lapang, sebagai tempat uji lapang obat ikan dan bioassay
2. Laboratorium Obat dan Residu, sebagai tempat pengujian mutu dan uji lapang obat ikan, monitoring obat ikan (uji mutu sewaktu) dan pengujian residu berbahaya pada proses budidaya
3. Laboratorium Kualitas Air
4. Laboratorium Mikrobiologi yang terdiri dari bakteriologi (pemeriksaan dan identifikasi bakteri, jamur, serologi) dan biologi molekuler (pengujian kualitatif dan kuantitatif, uji mutu sediaan obat ikan)
5. Laboratorium Patologi, melayani jasa pemeriksaan patologi anatomi, parasitologi, pembuatan sediaan histologik dan pemeriksaan histopatologi/sitologi.
6. Laboratorium keliling, sebagai laboratorium epidemiologi bertugas dalam perencanaan epidemiologik dalam pengelolaan penyakit dalam populasi dan kawasan.
Kegiatan lain yang dilakukan adalah monitoring dan surveilans pada hama dan penyakit ikan, obat, residu, lingkungan dan kekerangan. Unit ini juga membuka kesempatan kepada mahasiswa PKL dan Profesi untuk melaksanakan kegiatan magang.
Acara ini ditutup oleh Dekan FKH UB dan didapatkan kesimpulan bahwa peluang kerjasama terbuka di bidang akademik maupun sebagai fasilitas penelitian staf dosen maupun analis, dan untuk selanjutnya dibicarakan kembali perihal kerjasama, termasuk payung hukum yang mewadahinya.

By : Lila