Gerakan Minum Susu Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Di Tengah Pandemi

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata yang diberikan oleh mahasiswa terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Skema pengabdian masyarakat yang berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN), kali ini dilaksanakan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya yang terdiri dari beberapa fakultas. Kegiatan KKN dilaksanakan dibeberapa titik tertentu di wilayah Malang Raya, salah satu lokasi pengabdian yaitu Desa Pandanajeng yang terletak di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Lokasi desa berada di perbatasan antara Kecamatan Tumpang dengan Kecamatan Tajinan. Desa Pandanajeng memiliki letak yang sangat strategis dengan kondisi sumber daya alam yang sangat melimpah dan masih banyaknya lahan pertanian membuat mayoritas penduduk Desa Pandanajeng ini berprofesi sebagai petani. Keadaan alam dan sawah yang masih terhampar luas menjadikan Desa Pandanajeng dikenal sebagai desa penghasil sawi terbesar se-Malang Raya.

Kegiatan KKN di Desa Pandanajeng ini berlangsung selama 45 hari yaitu mulai dari tanggal 12 Januari – 20 Februari 2021. Kelompok mahasiswa KKN Bangun Desa ini di bombing langsung oleh drh. Dodik Prasetyo, M.Vet yang merupakan dosen di FKH UB. Berbagai program telah digagas dan dilaksanakan selama kegiatan ini berlangsung. Salah satunya yaitu “Program Gerakan Minum Susu untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi”. Program gerakan minum susu ini ditujukan agar warga setempat sadar akan pentingnya budaya minum susu. Disisi lain, adanya program ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap warga Desa Pandanajeng bahwa susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, terutama untuk meningkatkan imun tubuh disaat keadaan pandemi seperti ini. Salah satu cara yang dilakukan untuk menarik perhatian warga dalam meningkatkan budaya minum susu yaitu melalui pembagian susu gratis dilima Posyandu  yang meliputi Dusun Bletok, Dusun Bangilan, Dusun Sukorame, dan Dusun Tamiajeng ada 2 Posyandu. Kegiatan pembagian susu gratis ini juga didukung oleh sponsorship dari PT. Frishian Flag Indonesia dengan bantuan dosen pembimbing.

Program ini disosialisasikan kepada ibu-ibu dan warga setempat yang mengunjungi POSYANDU Desa Pandanajeng. Orang tua dari balita yang didominasi oleh ibu-ibu yang memiliki balita dengan seksama memperhatikan sosialisasi yang mencakup penjelasan mengenai pentingnya meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemic COVID-19. Sosialisasi tersebut disampaikan oleh perwakilan dari mahasiswa Universitas Brawijaya yang melaksanakan KKN. Respon baik tampak dari orang tua atau ibu-ibu dari balita yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Dilaksanakannya program sosialisasi gerakan minum susu untuk meningkatkan imunitas tubuh, diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat Desa Pandanajeng untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Minum susu setiap hari menjadi salah satu upaya dalam menerapkan pola hidup sehat dan meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat terutama ibu dan anak-anak di Desa Pandanajeng. (SKR/FKHUB)