FKH UB SUKSES MENYELENGGARAKAN PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH DOKTER HEWAN PERIODE-10 SECARA DARING

Malang. Penyebaran COVID-19 masih masif di Indonesia sehingga FKH UB menyelenggarakan pelantikan dan pengambilan sumpah dokter hewan periode ke 10 secara daring dan luring di di Gedung Kebudayaan Mahasiswa (GKM) Universitas Brawijaya pada Selasa, 11 Agustus 2020. Dekan FKH UB yaitu, drh. Dyah Ayu Oktavianie, M.Biotech didamping oleh jajaran wakil dekan FKH UB serta Ketua pelaksana, drh. Viski Fitri Hendrawan, M.Vet melantik 92 orang dokter hewan baru. Turut hadir dalam acara tersebut yaitu, Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) drh Muhammad Munawaroh, MM. Jajaran tamu undangan yaitu, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani A.R., MS (Rektor UB), Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES (Wakil Rektor 1 UB), drh. Wiwiek Bagja, Perwakilan alumni FKH UB, drh. Yunan, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Kepala RSH Provinsi Jawa Timur, Ketua PDHI Jatim II.

Gambar 1. Acara pelantikan pelantikan dan pengambilan sumpah dokter hewan periode ke 10 secara luring di hadiri oleh tiga orang dokter hewan baru (belakang dekan dan jajaran wakil dekan FKH UB).

Acara tersebut sangat istimewa karena dalam kondisi keterbatasan akibat pandemi, FKH UB telah sukses menggelar pelantikan dan pengucapan sumpah dokter hewan secara daring dengan penuh hikmat. Sejumlah 89 orang dokter hewan baru menghadiri acara pelantikan dikediaman masing-masing dengan didampingi oleh orang tua melalui platform zoom meeting. Disisilain sebanyak 3 orang dokter hewan baru mengikuti acara tersebut secara luring di GKM dengan menerapkan protocol kesehatan yang cukup ketat.

Sidang pelantikan dokter hewan periode ke-10 dibuka secara langsung oleh drh. Dyah Ayu Oktavianie, M.Biotech dengan penuh rasa bangga dan bahagia FKH UB sampai dengan periode ini telah meluluskan sebanyak 528 orang dokter hewan sejak tahun 2014. Tidak lupa dokter Dyah sapaan akrab beliau juga turut mendoakan kesuksesan dan memberikan dukungan kepada seluruh dokter hewan yang baru dilantik.

Gambar 2. Prosesi pelantikan pelantikan dan pengambilan sumpah dokter hewan periode ke 10 sesuai protocol kesehatan di GKM UB.

Pada kesempatan tersebut lulusan terbaik periode ini diraih oleh drh. Rifqi Rahman dengan IPK 3,82. drh. Rifqi Rahman bersama seluruh dokter hewan baru yang dilantik hari ini (11/8) telah dinyatakan lulus 100% dalam ujian kompetensi dokter hewan (UKDHI) yang diselenggarakan tanggal 22-23 Juni 2020.

Hal ini membuktikan bahwa FKH UB berhasil mencetak dokter hewan yang professional dan memiliki kompetensi yang baik sehingga setelah ini seluruh dokter hewan alumni FKH UB dapat berkarya untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Gambar 3. Sambutan dari ketua umum PB PDHI yaitu, drh Muhammad Munawaroh, MM pada acara pelantikan dokter hewan FKH UB.

Pada kesempatan tersebut ketua umum PB PDHI juga menyampaikan selamat datang di Korps Profesi Dokter Hewan Indonesia dan menghimbau agar seluruh dokter hewan baru segera mengurus Kartu Tanda Anggota dan permohonan Surat Ijin Praktek (SIP) supaya ke depan legalitas ini dapat mencerminkan profesionalitas dokter hewan di mata masyarakat. (Shelly/FKHUB)