FKH UB SUKSES MENGGELAR CPD BASIC ONCOLOGY AND CASE ONCOLOGY

Malang, 2 November 2020. Hari senin malam FKH UB menyelenggarakan kegiatan Continuing Professional Development (CPD) dengan tema “Basic Oncology and Case Oncology”. Kegiatan CPD ini telah dilaksanakan untuk ke dua kalinya dan pada kesempatan ini FKH UB mengundang drh. Nyoman Sakyarsih atau akrab disapa dengan dok Nyom.

Kurang lebih terdapat 400 peserta yang mendaftarkan diri dan bergabung dalam zoom meeting ini. Seluruh peserta berasal dari berbagai kalangan diantaranya praktisi hewan kecil, sejawat dokter hewan, mahasiswa PPDH serta dosen dari berbagai Fakultas Kedokteran Hewan diseluruh Indonesia. Hal ini cukup menarik karena tema yang diangkat pada CPD kali ini cukup relevan dan penanganan kasus oncology cukup  kompleks.

 

Kegiatan dimulai tepat pukul 19:00 WIB oleh dekan FKH UB, drh. Dyah Ayu Oktavianie, M.Biotech yang di damping oleh ketua panitia CPD yaitu drh. Ajeng Aeka N, M.Sc. Latar belakang dok Nyom merupakan seorang dokter hewan praktisi yang banyak menangani kasus cancer. Penyakit ini sering kali menyerang  anjing maupun kucing yang penyebabnya bermacam-macam diantaranya genetik, faktor kimia (seperti asap rokok, pestisida, insektisida), faktor fisik (sinar matahari, inflamasikronis, medan magnet dan radiasi), faktor hormonal da virus.

Ulasan yang disampaikan oleh dok Nyom sangat jelas dan mendalam sehingga banyak praktisi yang antusias untuk bertanya pada kolom komentar baik tentang cara terapi yang paling sesuai, pengobatan dengan ramuan tradisional, diagnosa (FNA dan Biopsy) dan perawatan pasca operasi.

Berdasarkan hasil kuesioner dan Indeks Kepuasan Peserta diketahui bahwa hampir 80% merasa senang dan sangat jelas oleh paparan dari pemateri sehingga mengaharapkan agar FKH UB menggelar acara serupa. (SKR/FKH UB).