FKH UB Menggelar International Conference on Animal Science and Veterinary Medicine for Student – ICAVETS 2020

Malang, 15 Oktober 2020. FKH UB untuk pertama kalinya menggelar International Conference on Animal Science and Veterinary Medicine for Student – ICAVETS tahun 2020. Student competition kali ini bekerjasama dengan The University of Queensland, Australia. Suatu langkah besar ditengah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia, FKH UB mampu menyelenggarakan kompetisi ini dengan baik dan sukses.

Acara dibuka secara langsung oleh Dekan FKH UB yaitu, drh. Dyah Ayu Oktavianie, M.Biotech yang didampingi oleh ketua penyelenggara yaitu, drh Ida Bagus Gde Rama Wisesa. Mengusung tema Innovation on Animal Health and Animal Production in the Covid-19 Pandemic. Acara yang diseleggarakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom meeting ini dihadiri lebih dari 257 peserta dari berbagai universitas dari dalam negeri diantaranya Universitas Andalas, Universitas Airlangga, UIN Alauddin Makassar, Universitas Binus, University of Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, IPB University, Universitas Lampung, Universitas Negeri Medan, Universitas Padjadjaran, Universitas Tamansiswa Padang, Universitas Syiah Kuala, STIE Widya gama, FKH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dan Universitas dari luar negeri yaitu, NPUST Taiwan (National Pingtung University of Science and Technology) dan Tarlac Agricultural University – Phillipine

Keynote speaker pada kegiatan ini adalah Associate Professor Chiara Palmieri, DVM, Ph.D dan Professor Malcolm Jones, B.Sc. Hons., Ph.D dari The University of Queensland dan Widi Nugroho, DVM, Ph.D dari Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Brawijaya. Pada sesi final kompetisi dipilih 5 tim terbaik untuk presentasi di depan para juri.

Pemenang ICAVETS tahun 2020 adalah Tim Alsa Shafira Sri Handini dengan karya “(AFFIORE)-Alternative Food for Carnivore”: The Utilization of Livestock-byproducts as Dry Food for Zoo Carnivores during COVID-19 Pandemic” yang merupakan mahasiswa FKH UB, juara ke dua adalah Tim Farah Ainur Rachmah dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, juara ke tiga adalah Tim Michael Gunawan dari FKH UB dan juara favorit adalah Tim Dhestalia Eka Pratiwi dari Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

Terimakasih kepada seluruh peserta dan partisipan yang telah bergabung dan mensukseskan acara ini. Tidak lupa ucapan terimakasih juga disampaikan kepada dosen-dosen FKH yang telah membimbing dan mengantarkan mahasiswanya untuk meraih prestasi yaitu, Siska Aditya, S.Pt., M.Anim.Sc., Ph.D dan drh. Mira Fatmawati, M.Si. Semoga ke depan lebih banyak kompetisi semacam ICAVETS yang mewadahi ide dan gagasan inovatif dari mahasiswa. (SKR/FKH UB).