Ditulis pada tanggal 18 May 2020, oleh admin, pada kategori Berita

Senin, 18 Mei 2020. Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan “Workshop Peningkatan Sitasi” bagi kalangan dosen yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah sitasi terindeks scopus serta memberikan motivasi bagi dosen untuk melakukan publikasi di jurnal internasional bereputasi. Workshop dibuka secara langsung oleh Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES. selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, UB kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FKH yaitu, Drh. Dyah Ayu Oktavianie A.P.,M. Biotech. Narasumber workshop peningkatan sitasi adalah Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc, merupakan guru besar FMIPA, UB sekaligus pakar dalam bidang biomolekuler di UB. Materi yang dipaparkan oleh Prof. Widodo selama daring tentunya sangat menarik yaitu, pemanfaatan aplikasi Zotero yang dikatakan sebagai “your personal research assistant”.

Pada kenyataannya, menulis sebuah artikel ilmiah tidak semudah membalikan telapak tangan, dibutuhkan ketekunan dalam mengorganisir berbagai jurnal maupun artikel yang digunakan sebagai referensi. Zotero adalah salah satu aplikasi yang banyak dimanfaatkan oleh kalangan peneliti dan akademisi sebagai reference manager. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis pada https://www.zotero.org/. Workshop ini merupakan wadah bagi seluruh dosen FKH untuk belajar melakukan pengelolaan referensi secara efektif dan pembuatan daftar pustaka secara otomatis. Tentunya, aplikasi berbasis open source juga dapat memudahkan dosen dalam menuliskan sitasi artikel atau jurnal. Selama workshop secara daring, Prof. Widodo turut membagikan pengalamannya terkait cara untuk melakukan submit pada scientific journal bereputasi yang telah terindeks di databases DOAJ (Directory of Open Access Journals) atau scopus.

Selaras dengan tujuan pelaksanaan workshop diawal, diharapkan tidak hanya dosen FKH tetapi mahasiswa juga dapat berpartisipasi pada kegiatan workshop aplikasi zotero dalam penulisan tugas akhir yang dilakukan secara daring. Hal ini turut menjadi perhatian guna memudahkan mahasiswa dalam mengorganisir daftar pustaka dan mensitasi suatu artikel atau jurnal.