Ditulis pada tanggal 19 May 2020, oleh admin, pada kategori Berita

Selasa, 19 Mei 2020. Mengusung mimpi sebagai World Class University, Universitas Brawijaya terus berupaya meningkatkan reputasi di kancah Internasional. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas publikasi ilmiah mahasiswa. Demi mendukung terealisasinya visi tersebut maka Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan “Workshop Aplikasi Zotero dalam Penulisan Tugas Akhir” bagi seluruh mahasiswa semester enam yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam penulisan tugas akhir (skripsi) maupun laporan PKL. Kegiatan workshop dibuka oleh drh. Fajar Shodiq Permata, M.Biotech. yang merupakan  Plt. Wakil Dekan I Bagian Akademik dan diikuti oleh beberapa dosen dan mahasiswa FKH, UB.

Pemateri workshop kali ini adalah Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., merupakan guru besar FMIPA/Biologi Universitas Brawijaya sekaligus alumni University of Tsukuba, Jepang. Materi yang disampaikan oleh Prof. Widodo terkait pemanfaatan aplikasi Zotero dalam penulisan tugas akhir. Permasalahan yang kerap kali ditemui oleh mahasiswa ketika menuliskan tugas akhir yaitu melakukan sitasi dan penulisan daftar pustaka. Permasalahan tersebut dapat diminimalisir dengan memanfaatkan aplikasi Zotero. Aplikasi ini akan berperan sebagai personal research assistant yang memudahkan mahasiswa dalam menuliskan tugas akhir. Tidak hanya itu, Prof. Widodo juga memberikan kiat-kiat bagi mahasiswa agar dapat menulis artikel untuk jurnal bereputasi internasional.

Kurang lebih ada 90 orang mahasiswa semester enam bergabung dan turut berpartisipasi dalam workshop yang diwadahi oleh software Google meet tersebut. Pada kesempatan ini mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan Zotero dengan baik. Selaras dengan visi diawal, mahasiswa dapat berkolaborasi dengan dosen pembimbing untuk berkontribusi meningkatkan reputasi UB dengan mempublikasikan jurnal atau artikel pada scientific journal bereputasi yang terindeks scopus. (Shelly)