The FKH UB team went back to the field to help with PMK (Booster) Vaccination at KUD Sumber Makmur, Ngantang District, Malang Regency

Malang, 13 maret 2024. drh. Dodik Prasetyo, M. Vet bersama mahasiswa PPDH FKH UB kembali turun ke lapangan sebagai relawan (volunteer) untuk membantu kegiatan Vaksinasi PMK (Booster) di KUD Sumber Makmur Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut dilaksanakan tentunya atas permintaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang. Kegiatan semacam ini tentu bukan hal yang pertama bagi FKH UB, karena sebelum tim FKH UB juga pernah terlibat secara aktif dalam kegiatan serupa di lokasi yang sama. 

(Dokumentasi Kegiatan Vaksinasi PMK (Booster) di KUD Sumber Makmur Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang)

Penyakit Mulut dan Kuku merupakan penyakit yang menyerang pada hewan berkuku belah, dalam hal ini adalah hewan ruminansia khususnya. Populasi sapi perah yang menjadi target vaksinasi sekitar 16.000 ekor sapi perah, dengan target implementasi vaksinasi harian sekitar 2.000 ekor sehingga diharapkan kegiatan ini akan selesai dalam tempo kurang lebih selama 1 minggu. Vaksinasi ini merupakan upaya bersama baik stake holder (peternak / KUD), dinas teknis yang membidangi urusan kesehatan hewan dan juga para akademisi (universitas) untuk mencapai ternak yang sehat dan Indonesia terbebas dari PMK (penyakit mulut dan kuku). Dalam kegiatan vaksinasi PMK booster pada sapi perah ini, tentunya para dokter hewan dan paramedik Dinas Peternakan Kabupaten Malang menjadi tim leader di lapangan bersama-sama tim medis kesehatan hewan KUD Sumber Makmur Ngantang bersinergi dengan tim medis dinas dan juga mahasiswa PPDH (dokter hewan muda) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya untuk melaksanakan kegiatan program vaksinasi PMK pada sapi perah milik peternak.

 

Viva Veteriner Indonesia.