Ditulis pada tanggal 22 October 2018, oleh admin, pada kategori Berita

 

Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-56 tahun 2018, Universitas Brawijaya menyelenggarakan sejumlah kegiatan diantaranya adalah Pemecahan Rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) Pemeriksaan Kesehatan Kucing Dengan Jumlah Terbanyak. Kegiatan ini mengambil tema “Pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat cacing massal pada kucing sebagai usaha pengendalian penyakit hewan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia melalui kesehatan hewan”.

Kegiatan Pemecahan Rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) melalui pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat cacing pada kucing merupakan salah satu solusi dan upaya Universitas Brawijaya, khususnya Fakultas Kedokteran Hewan dan Rumah Sakit Hewan Pendidikan untuk mewujudkan peran dokter hewan dalam mensejahterakan manusia melalui kesehatan hewan. Selain itu juga sebagai langkah nyata dalam meningkatkan edukasi kepada masyarakat pemilik kucing tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat cacing pada kucing sebagai hewan peliharaan.

Menjaga kesehatan hewan peliharaan antara lain dapat dilakukan dengan secara rutin memeriksakan kesehatan hewan peliharaan ke dokter hewan. Kurangnya pengetahuan masyarakat (pemilik kucing) terkait dengan penyakit helminthiasis (penyakit cacingan)  pada kucing menjadi permasalahan tersendiri seiring dengan meningkatnya frekuensi terjadinya penyakit tersebut. Sehingga perlu dilakukan pemberian edukasi kepada masyarakat (pemilik kucing) mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan terkait kesehatan pada kucing.

Pemecahan Rekor MURI dilaksanakan pada Sabtu (20/10/2018)  pukul 07.00 – 13.00 di Kampus 2 UB Puncak Dieng dengan mengundang Rektor dan jajaran Rektorat, para dekan di lingkungan UB, Walikota Malang dan Bupati Kabupaten Malang, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Malang, serta Dinas Peternakan Kota Batu.

Kegiatan ini dimeriahkan oleh Talk show tentang manajemen pemeliharaan kucing  dan profil layanan Rumah Sakit hewan Pendidikan Universitas Brawijaya. Kegiatan diawali dengan registrasi ulang 820 ekor kucing peserta, pembukaan oleh ketua  pelaksana Pemecahan Rekor Muri, pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat cacing massal pada kucing oleh 36 dokter hewan, penyerahan piagam pemecahan rekor muri Pemeriksaan Kesehatan Kucing Dengan Jumlah Terbanyak dari pihak yayasan pencatat rekor Indonesia kepada Universitas Brawijaya yang diwakili oleh Rektor Universitas Brawijaya sekaligus penutupan.

Harapan dari keseluruhan kegiatan ini dapat menjadi salah satu kontribusi Universitas Brawijaya khususnya Fakultas Kedokteran Hewan dan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Brawijaya untuk dapat berperan dalam mewujudkan kesejahteraan manusia melalui kesehatan hewan dengan lebih memahamkan masyarakat terhadap pentingnya pemeriksaan kesehatan dan pencegahan penyakit pada hewan sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan hewan.