Kuliah Kerja Nyata (KKN)
MK Pengabdian kepada Masyarakat
UBU60005 (0/4) SKS

KKN merupakan wahana belajar mahasiswa FKH UB dan sarana pengabdian kepada masyarakat bagi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (FKH UB) untuk menyebarluaskan ilmu yang dimiliki oleh sivitas akademika FKH UB kepada masyarakat sasaran KKN. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program wajib, karena merupakan program terstruktur. Artinya hanya dapat diikuti oleh mahasiswa dengan persyaratan akademik tertentu dan untuk mencapai keberhasilan harus melalui tahapan tertentu.

KKN Tematik (kode MK UBU60005) dilaksanakan dengan tema tertentu yang berkaitan dengan disiplin ilmu kedokteran hewan. Walaupun bertema kedokteran hewan, kegiatan diluar disiplin kedokteran hewan dapat ditambahkan sebagai kegiatan penunjang. Selama KKN Tematik, mahasiswa berinteraksi sosial dengan masyarakat desa/kelurahan, melakukan observasi, mengidentifikasi masalah, memberikan saran alternatif pemecahan masalah, serta melaksanakan sebagian atau seluruh alternatif pemecahan masalah yang disarankan kepada masyarakat sasaran. Dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat sasaran, mahasiswa dapat melaksanakannya sendiri sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya atau bertindak sebagai fasilitator untuk bekerja sama dengan pihak-pihak yang berkompeten. 

Kriteria Program KKN

1. Tema dan program KKN mahasiswa wajib mendapat persetujuan dari dosen pembimbing KKN. 

2. Total waktu kerja selama KKN adalah 4 SKS (182 jam/ 30 hari aktif)

3. Alokasi jam kerja tersebut meliputi perencanaan dan persiapan maksimal 20% (± 6 hari), pelaksanaan sekurang-kurangnya 40% (± 12 hari), evaluasi maksimal 15% (± 5 hari)dan penulisan laporan maksimal 25% (± 7 hari). 

4. Jumlah program KKN sekurang-kurangnya satu program/mahasiswa. 



Syarat Peserta KKN (minimal, selengkapnya baca panduan KKN)

1. Tercatat sebagai mahasiswa aktif Universitas Brawijaya.

2. Telah menempuh kuliah dan praktikum pada semester 4.

3. Bersedia melaksanakan program sesuai dengan target yang ditetapkan, sesuai dengan skema yang KKN yang dipilih.

NoKeteranganForm
1Form Pengajuan KKN (PkM) Form
2All Form KKN A1-A16 (2024)Form
3Link Gform Pendaftaran KKN 2024Form
4Link Gform Pendataan Peserta Pengmas Terpadu Form
5Template Form TTGForm
6Link Pengumpulan Laporan KKN & Form TTGForm
7Contoh Laporan Teknologi Tepat GunaForm
8Form Pergantian Dosen Pembimbing-PengujiForm