Ditulis pada tanggal 11 September 2019, oleh admin, pada kategori Berita

Rabu (11/9/19), bertempat di Puskeswan Kota Batu diselenggarakan pengabdian kepada masyarakat DPP/SPP Tahun Anggaran 2019 dengan tema “Penerapan Milking Hygiene dan Pengujian Mastitis Pada Kambing Peranakan Etawa (PE) Peternakan Rakyat untuk Menghasilkan Susu yang ASUH“. Pelaksana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah drh. Ani Setianingrum, M.Sc sebagai ketua pelaksana, dengan anggota Dr. drh. Masdiana C Padaga, M.App.Sc., drh. Mira Fatmawati, M.Si., drh Ajeng Erika Prihastuti Haskito, M.Si., dan drh. Fidi Nur Aini, M.Si. Kegiatan ini merupakan kerja sama Fakultas kedokteran Hewan UB dengan Dinas Pertanian Kota Batu.

Sebanyak 40 orang peternak kambing dan domba yang berada di Kota Batu mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) ini.  Penyaji materi pada kegiatan pengmas ini yaitu Ibu Lestari Aji, S.Pi., M.Agr. selaku Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian Kota Batu yang membahas tentang materi “Pendampingan Dinas Pertanian di Kelompok Ternak Kambing, Ibu Sri Mutatik, S.Sos. dari Maduraka Farm yang membahas tentang “Informasi Tata Cara Beternak Kambing Etawa”, dan drh. Mira Fatmawati, M.Si. selaku Dosen  Kesehatan Masyarakat Veteriner FKH UB yang menyajikan materi tentang “Pemeriksaan Kualitas Susu Kambing serta Menjaga Hygiene Sanitasi Susu Kambing”. Kegiatan yang dilakukan selama acara berlangsung adalah sharing mengenai manajemen perawatan hewan ternak yang baik khususnya pada kambing Peranakan Etawa, kiat untuk beternak kambing PE, konsultasi kesehatan dalam penanganan penyakit di lapangan, dan workshop untuk pemeriksaan susu mastitis.

Susu merupakan bahan pangan yang cepat mengalami kerusakan atau disebut sebagai perishable food dan berpotensi berbahaya jika tidak ditangani secara baik dan benar.  Oleh  karena itu tata cara proses produksi, distribusi dan pemasaran memerlukan teknis yang benar. Kualitas susu mempengaruhi harga susu sehingga diperlukan penjaminan kualitas susu yang dihasilkan  dalam rangka keberlangsungan kehidupan peternak. Edukasi penerapan milking hygiene pada peternak kambing perah dengan cara penyuluhan dan praktek deteksi mastitis pada susu. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah agar peternak menghasilkan susu dengan kualitas yang sesuai standar, dengan harga jual yang baik serta aman dan layak untuk dikonsumsi

Selama kegiatan respon dari peserta sangat baik, banyak diskusi dan masukan yang membangun bagi keberlangsungan peternakan rakyat di kota Batu khususnya peternak kambing perah. Diharapkan dari kegiatan ini peternak mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam manajemen perawatan ternak yang baik terutama pada kambing PE, sigap dalam menghadapi penyakit ternak khususnya mastitis dan mampu menghasilkan susu yang  Aman, Sehat, utuh dan Halal (ASUH).