LEMBAGA SEMI OTONOM

FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA

IKATAN MINAT PROFESI VETERINER (IMPROVE)

 

 

Ikatan Minat Profesi Veteriner disingkat dengan IMPROVE merupakan lembaga kemahasiswaan di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan spesialisasi minat mahasiswa. Lembaga ini bersifat semi otonom di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UB. Ikatan Minat Profesi Veteriner ini merupakan ujung tombak dari kegiatan keprofesian medik veteriner

Atas dasar inilah dan sesuai dengan kecintaan profesi, Profesionalisme serta kebebasan intelektual untuk memenuhi cita – cita tersebut maka mahasiswa kedokteran hewan universitas brawijaya menghimpun diri dalam suatu wadah ikatan minat profesi veteriner kedokteran hewan universitas brawijaya.

 

IMPROVE terbagi menjadi 4 kelompok minat yaitu :

  • KELAWAR (Kelompok Minat Hewan Akuatik, Eksotik dan satwa Liar)
  • KERTAS (Kelompok Minat Hewan Ternak Besar)
  • KEPETA (Kelompok Minat Hewan Kesayangan)
  • KESPER (Kelompok Minat Studi Perunggasan)

 

 

STRUKTURAL IMPROVE FKH UB PERIODE 2021

        

Media Sosial

  • Instagram : @ improve_fkhub
  • Email : improvefkh@ub.ac.id

 

  1. KERTAS

KERTAS merupakan kepanjangan dari Kelompok Ternak Besar yang merupakan salah satu divisi dari Ikatan Minat Profesi Veteriner (IMPROVE UB).

 

Visi : membentuk mewujudkan kesrawan dalam bidang ternak besar guna mencapai kesehatan hewan

 

Misi :

  1. Mengenalkan kertas ke masyarakat luas
  2. Menghasilkan calon dokter hewan yang mengerti dan paham mengenai seluk beluk ternak besar secara umum maupun spesifik
  3. Menyalurkan minat dan bakat calon dokter hewan dalam bidang kesehatan, budidaya dan pemeliharaan ternak besar

 

Kepengurusan Periode 2021

 

Media Sosial

  • Instagram KERTAS : @improve_kertas

 

 

2. KESPER

KESPER adalah Kelompok Studi Perunggasan dari Ikatan Minat Provesi Veteriner (IMPROVE UB) yang bergerak di bidang perunggasan. KESPER mewadahi mahasiswa yang minat ke dunia perunggasan.

 

Visi :

Menjadikan KESPER sebagai tempat belajar dan berbagi di bidang perunggasan

Misi :

  1. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa yang berhubungan dengan bidang perunggasan
  2. Mengenalkan dunia kerja dokter hewan di bidang perunggasan
  3. Menjadikan KESPER sebagai tempat belajar dan bersosialisasi

 

Kepengurusan Periode 2021

Media Sosial

  • Instagram KESPER : @improve_kesper
  • Line : PEA6077R
  • Gmail : improve@gmail.com

 

3. KEPETA

KEPETA merupakan kepanjangan dari Kelompok Pet Animal yang merupakan salah satu divisi dari Ikatan Minat Profesi Veteriner (IMPROVE UB). Kelompok ini menampung minat para mahasiswa pecinta pet animal. KEPETA terdiri dari 4 sub divisi hewan seperti canine, feline, funny, dan exotic pet.

  1. Canine : merupakan sub-divisi yang membahas tentang ras, tingkah laku, dan fakta unik dari anjing yang merupakan mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu.
  2. Feline: merupakan sub-divisi yang membahas tentang ras, tingkah laku, dan fakta unik dari Kucing yang merupakan anggota Felidae yaitu bangsa Karnivora yang telah berkerabat dengan manusia secara sosial sejak 4000-7000 tahun yang lalu
  3. Funny pet: merupakan sub-divisi yang membahas tentang jenis, tingkah laku, dan fakta unik dari hewan Rodentia yaitu mamalia berukuran kecil yang saat ini telah dipelihara sebagai hewan peliharaan (pet).
  4. Exotic pet: merupakan sub-divisi yang membahas tentang jenis, tingkah laku, pemeliharaan, dan fakta unik dari hewan Rodentia, Reptil, dan juga Amphibi yang pada dasarnya merupakan hewan liar namun telah dibawa ke meja klinik untuk ditangani dan didomestikasi dengan hidup sebagai hewan peliharaan oleh manusia.

 

Visi :

Menjadikan KEPETA sebagai salah satu lembaga LSO yang mengarahkan minat mahasiswa dibidang Pet Animal dan dunia praktisi sesuai dengan porsinya.

 

Misi :

  1. Mengarahkan minat mahasiswa di dunia hewan kesayangan (pet animals)
  2. Mengenalkan mahasiswa kepada instansi yang berhubungan dengan dunia pet animals
  3. Melatih mahasiswa untuk bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi
  4. Mengenalkan hal-hal lapang yang tidak didapatkan selama dunia perkuliahan

 

Kepengurusan Periode 2021

Media Sosial

  • Instagram KEPETA : @improve_kepeta
  • Instagram kas : @kashop.kepeta
  • Line: @dou9211h

 

4. KELAWAR

 

KELAWAR adalah salah satu divisi dari Ikatan Minat Profesi Veteriner (IMPROVE) yang berfokus di bidang praktisi konservasi Satwa Liar, Aquatik, dan Eksotik. KELAWAR memiliki 6 kelompok Satwa liar baik aquatik maupun eksotik. KELAWAR terbentuk pada tanggal 16 Oktober 2009 yang kemudian terbagi menjadi 6 subdivisi yaitu wild herbivore, wild carnivore, wild aves, reptil, aquatic dan primate:

  1. Karnivora      : Subdivisi yang membahas melaksanakan fungsi pelaksanaan edukasi, dan pengembangan keilmuan dan pengetahuan dari Anggota KELAWAR yang berfokus pada medis konservasi dan identifikasi satwa liar karnivora.
  2. Herbivora      : Subdivisi yang membahas melaksanakan fungsi pelaksanaan edukasi, dan pengembangan keilmuan dan pengetahuan dari Anggota KELAWAR yang berfokus pada medis konservasi dan identifikasi satwa liar herbivora.
  3. Reptil              : Subdivisi yang membahas melaksanakan fungsi pelaksanaan edukasi, dan pengembangan keilmuan dan pengetahuan dari Anggota KELAWAR yang berfokus pada medis konservasi dan identifikasi reptile dan amphibi.
  4. Aves                : Subdivisi yang membahas melaksanakan fungsi pelaksanaan edukasi, dan pengembangan keilmuan dan pengetahuan dari Anggota KELAWAR yang berfokus pada medis konservasi dan identifikasi satwa liar aves (burung).
  5. Primata          : Subdivisi yang membahas melaksanakan fungsi pelaksanaan edukasi, dan pengembangan keilmuan dan pengetahuan dari Anggota KELAWAR yang berfokus pada medis konservasi dan identifikasi satwa primata (non-human primate).
  6. Aquatik          : Subdivisi yang membahas melaksanakan fungsi pelaksanaan edukasi, dan pengembangan keilmuan dan pengetahuan dari Anggota KELAWAR yang berfokus pada medis konservasi dan identifikasi satwa liar aquatic (ikan dan mamalia laut).

Makna dari logo KELAWAR adalah

  1. a) Warna Hitam Putih : Seperti warna Hitam Putih Yin-Yang yang melambangkan keseimbangan dan sikap KELAWAR yang selalu netral.
  2. b) Lambang Hitam (Embrio) : Melambangkan anggota KELAWAR yang diharapkan dapat terus berkembang dan semangat baru.anggota KELAWAR yang selalu teregenerasi
  3. c) Tulisan KELAWAR             : Menjelaskan arti dari nama KELAWAR yakni Kelompok Eksotik Aquatik dan Satwa Liar di Universitas Brawijaya
  4. d) Tongkat Ular dan huruf V : Melambangkan Posisi KELAWAR yang berada dalam lingkaran program studi pendidikan dokter hewan
  5. e) Lingkaran 6 Hewan : Melambangkan KELAWAR yang terbagi dalam 6 Kelompok Satwa Liar (Karnivora, Herbivora, Aves, Aquatik, Reptil, dan Primata)
  6. f) Tepian Tak Bersudut : Melambangkan KELAWAR memiliki aturan yang fleksibel menyesuaikan kondisi.

 

Visi Kepengurusan KELAWAR 2020-2021:

Menjadikan Kelawar sebagai ikatan mahasiswa profesi veteriner yang edukatif dan fasilitatif bagi anggotanya terhadap minat dan pilihan profesi veteriner utama dalam bidang medis konservasi satwa liar

Misi Kepengurusan KELAWAR 2020-2021:

  1. Edukasi

Peningkatan mutu dari sumber daya KELAWAR dengan memperbaiki struktural organisasi.

Pencerdasan dari sumber daya KELAWAR dengan menghadirkan agenda dan program kerja yang lebih berlandaskan medis veteriner dari setiap subdivisi.

  1. Fasilitator

Memperluas jaringan dengan berbagai Lembaga konservasi dan ikatan mahasiswa keprofesian satwa liar (baik chelonia maupun independent universitas) untuk melakukan studi banding program kerja dan memperbesar peluang edukasi dari luar ke dalam (magang).

Memberikan wadah dari setiap aspirasi anggota kelawar untuk berkembang dalam segi edukasi.

 

Kepengurusan Periode 2021

Media Sosial

  • Instagram KELAWAR : @improve_kelawar
  • Twitter KELAWAR  : ImproveKELAWAR
  • Email KELAWAR : improve.kelawarUB@gmail.com
  • Line KELAWAR      : @poq8887x