Kelembagaan Organisasia Mahasiswa FKH-UB baru resmi dimulai pada tanggal 6 Juni 2010, sebelumnya kegiatan kemahasiswaan sudah terlaksana walau tanpa kelembagaan resmi. Pada tanggal tersebut, lahirlah sebuah wadah kedaulatan mahasiswa FKH-UB yang disebut sebagai Kolegium Mahasiswa Kedokteran Hewan UB. Secara garis besar organisasi kemahasiswaan FKH UB 2021 dibagi menjadi Lembaga Otonom (LO) dan Lembaga Semi Otonom (LSO).

Lembaga Otonom terdiri dari:

Lembaga Semi Otonom terdiri dari;

  • Ikatan Minat Profesi Mahasiswa (IMPROVE)
  • An-Nahl

LEMBAGA OTONOM

FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA

PERIODE 2022


DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA (DPM) FKH UB

PERIODE 2022

KABINET “AMARTA”

Latar Belakang:

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dibentuk karena dalam implementasinya dibutuhkan pemisahan kekhususan tanggung jawab dalam kelembagaan yang sebelumnya menjadi satu. Pemisahan tersebut meliputi tanggung jawab legislasi dipegang oleh DPM sedangkan  tanggung jawab eksekutif dipegang oleh BEM. DPM FKH UB periode 2021 merupakan DPM  keduabelas di Kolegium Mahasiswa Kedokteran Hewan UB.

 

Deskripsi Umum:

DPM FKH-UB bersifat kolektif kolegial. Kolektif dimaknai  bahwa DPM FKH-UB adalah lembaga yang dalam proses pengambilan keputusan yang mengatasnamakan DPM FKH-UB dengan harus dilakukan melalui sebuah persidangan yang melibatkan anggota dan bukan atas keputusan perseorangan. Sedangkan kolegial dimaknai dengan tidak ada stratifikasi kedudukan dan wewenang antar anggota DPM FKH-UB, tidak ada perbedaan hak dan kewajiban, kecuali pada tanggung jawab fungsional dan administratif yang telah disepakati bersama. Oleh karena itu di harapkan  dapat menjalankan tugas fungsional dan administratif dengan lebih teratur dan tertata dengan dibentuk struktur kepengurusan di kemahasiswaan FKH-UB.

 

Visi :

DPM FKH UB sebagai lembaga legislatif yang VAKSIN (Visioner, Adaptif, Kreatif dan Sinergis) sekaligus menjadi wadah bagi pengembangan diri bagi kolegium FKH UB.

Misi :

  1. Memaksimalkan kinerja DPM Fakultas Kedokteran hewan Universitas Brawijaya dalam melaksanakan peran serta fungsinya sebagai lembaga legislatif.
  2. Tercapainya produk hukum yang komprehensif berdaya suai bagi kolegium FKH UB.
  3. Optimalisasi koordinasi dan pengawasan kelembagaan yang objektif dan independent.

Proaktif dalam menjembatani aspirasi melalui pelayanan advokasi yang responsif dan berkesinambungan.

      -Anggota DPM

  • Puri Bima Nugroho

  • Ayunda Ageng Cahyani

  • Ridho Sudibyo

  • Fadhilah Aulia Yasmin

  • Khaidar Syaif Al Malik

Tiga komisi DPM FKH UB 2020, terdiri atas:

  1. Komisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa

Komisi ini bertugas dalam menyaring serta mengadvokasikan aspirasi dari seluruh mahasiswa FKH UB dan bertanggungjawab pada berbagai hal  menyangkut  permasalahan hak-hak mahasiswa yang terkait dengan fasilitas perkuliahan, praktikum, system pelayanan administrasi, beasiswa serta dana-dana yang dibebankan kepada mahasiswa evaluasi kegiatan organisasi mahasiswa FKH-UB.

  1. Komisi Perundang-Undangan

Komisi ini bertugas dan berwenang dalam menyusun rancangan/revisi undang-undang serta melaksanakan semua tugas berkaitan dengan penegakan hukum di kolegium yang sesuai dengan undang-undang.

  1. Komisi Kelembagaan

Komisi ini bertugas dan berwenang dalam mengawasi lembaga otonom, serta menjadi penghubung antara DPM FKH UB dengan lembaga-lembaga di kolegium FKH UB.

 

Berdasarkan hasil pemilwa DPM FKH UB 2020 terdiri dari :

Ketua Umum : Puri Bima Nugroho

Sekretaris Jendral : Ayunda Ageng Cahyani

Ketua Komisi I : Ridho Sudibyo

Ketua Komisi II : Fadhilah Aulia Yasmin

Ketua Komisi III : Khaidar Syaif Al-Malik

 

  • Dokumentasi Kegiatan yang Sudah Terlaksana

[ Upgrading DPM FKH UB 2022 (22 Mei 2022) ]

Media Sosial DPM FKH UB

  • Instagram : @dpm.fkh.ub
  • Line : @pqk6082s
  • Facebook : DPM FKH UB
  • email : dpmfkh@ub.ac.id

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)  FKH UB

PERIODE 2022

KABINET “RUANG JUANG”

LATAR BELAKANG

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya merupakan lembaga eksekutif tertinggi yang berperan dalam pusat sentral pengambilan kebijakan dalam kehidupan kemahasiswaan di kolegium FKH UB dalam ruang lingkup eksekutif. BEM memiliki fungsi sebagai badan aspiratif, advokasi, koordinatif, katalisator, inisiator dan fasilitator. BEM FKH UB terdiri dari Badan Pengurus Inti (BPI) dan Badan Pengurus Harian (BPH). Badan Pengurus Inti terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden yang dibantu oleh Menteri Koordinator Eksternal dan Menteri Koordinator Internal. Badan Pengurus Harian (BPH) terdiri dari Mentri atau Kepala Biro yang dalam kinerjanya dibantu oleh Wakil mentri dan Dirjen ,Staf ahli dan Staf muda yang terdiri dari 9 Kementrian dan 2 Biro yang memiliki fungsi sesuai fokus kementrian masing-masing.

Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan (IMAKAHI) merupakan Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS) dari disiplin ilmu kedokteran hewan dimana seluruh mahasiswa kedokteran hewan Universitas Brawijaya ialah anggota dari IMAKAHI. Pengurus cabang IMAKAHI UB ialah Pengurus BEM FKH UB yang merupakan lembaga eksekutif tertinggi.

BEM FKH UB 2022

Selanjutnya tentang filosofi BEM FKH UB 2022 Kabinet Ruang Juang Merupakan manifestasi dari banyaknya harapan dan cita-cita untuk Kolegium FKH UB kedepannya. Ruang Juang hadir sebagai ruang aktif yang berkomitmen sebagai wadah bagi seluruh mahasiswa FKH UB untuk bersama-sama berperan aktif dalam menanam dan menyebarkan kebermanfaatan untuk membangun kolegium mahasiswa FKH UB ke arah yang lebih baik.

Dasar gagasan kami dalam membentuk lingkungan kerja organisasi yang baik diwujudkan dengan metode kepemimpinan pasca pandemi yang merupakan gaya kepemimpinan baru sebagai wujud penyesuaian kondisi saat dan pasca pandemi. Keadaan tersebut mengharuskan setiap pemimpin untuk dapat memahami tantangan dan membaca peluang yang hadir selama dan pasca pandemi terutama terkait dengan budaya kerja dan juga pola komunikasi. Gaya kepemimpinan ini membutuhkan kemampuan kerja dalam tim, kemampuan melihat peluang dan penyelesaian masalah, memiliki target capaian kinerja, dan juga mampu menciptakan budaya kerja yang harmonis dan ideal selama dan sesudah kondisi pandemi.

Visi:

Badan Eksekutif Mahasiswa sebagai inisiator terciptanya ruang aktif yang secara progresif berjuang untuk terciptanya kolegium mahasiswa FKH UB yang berdaulat.

Misi:

  1. Optimalisasi internal

Membentuk SDM BEM yang unggul dan berdaya saing dalam meneruskan regenerasi kepemimpinan student goverment FKH UB.

  1. Ruang Daulat Kolega

BEM sebagai ruang aktif yang responsif terhadap aspirasi seluruh mahasiswa FKH UB.

  1. Gerak Adaptif

Menciptakan kultur kerja organisasi yang tangguh dan dinamis sehingga mampu melewati berbagai tantangan yang hadir seiring waktu.

  1. Aksi Responsif

Bergerak dengan aksi yang taktis dan terencana, diharapkan mampu membuat solusi nyata dan stimulus bagi mahasiswa FKH UB untuk kebermanfaatan.

  1. Kolega Kolaboratif

BEM yang selalu siap dan mampu berkolaborasi dengan seluruh elemen kolegium untuk FKH UB yang lebih terarah.

 

Media Sosial BEM FKH UB

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCsPJjxhf48jDa3V2U3ORe3w

FUNGSIONARIS BEM FKH UB 2022

KABINET RUANG JUANG

 

  • BADAN PENGURUS INTI (BPI) BEM

Badan pengurus inti atau BPI terdiri atas Presiden BEM, Wakil Presiden BEM, dan Menteri Koordinator BEM. BPI BEM bertugas, berwenang, dan Bertanggungjawab atas kinerja BEM secara keseluruhan baik dengan pihak internal FKH UB maupun pihak luar.

  • BIRO ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN(ADKES)

Merupakan biro yang berhubungan dengan dekanat melalui peran dalam mengatur administasi dan keuangan di kolegium, membantu proses pengajuan proposal lpj dan surat menyurat serta pajak.

  • BIRO ADMINISTRASI KEUANGAN(ADKEU)

Mengatur, Mengontrol Proker yang sedang berjalan, Bertanggung Jawab Atas Perputaran Keuangan LO dan LSO, Bertanggung Jawab atas pengajuan Proposal dan LPJ proker dan mengelola uang kas kolegium.

  • KEMENTRIAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA (PSDM)

Kementerian PSDM adalah kementerian yang bertanggung jawab terhadap kaderisasi kolegium Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, menyiapkan insan muda penerus bangsa dengan sumber daya berkualitas mandiri dan profesional serta memiliki totalitas di bidang veteriner. Salah satu kegiatan menariknya adalah Pemilihan Duta Veteriner FKH UB yang dilaksanakan setiap tahun. Kementerian PSDM menaungi 2 club yaitu PMK ( Persekutuan Mahasiswa Kristen ) dan KMK ( Keluarga Mahasiswa Katholik FKH UB ).

 

Program Kerja :

Open House Kolegium, Open Recruitment Bem, Vetto, Lingkar Psdm, Upgrading Bem, Duta Veteriner, Lkmm-Tm, Open Tender Kapel-Wakapel Probinmaba, PKKMB.

 

 

  • KEMENTRIAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN(SOSLING)

Kementerian Sosial dan Lingkungan merupakan kementrian yang memiliki peran meningkatkan rasa sosial mahasiswa di FKH UB dengan lingkungan sekitar. Proker dari Sosling adalah Sahur on the Road, Social Satnight,Vet Share, Vet Care, KH Mengajar, Donor Darah⁣, Bukber Kolegium, Kejar Pesawat, VISA,SOTR.

  • KEMENTRIAN KREATIVITAS SENI DAN OLAHRAGA (KEMENKORA)

Kementrian yang menaungi dalam bidang seni dan olahraga. Kementrian yang menjebatani minat bakat Teman” mahasiswa dalam bidang non-akademik. Menumbuhkan serta meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang olahraga dan seni. menaungi 8 klub yaitu Futsal, Basket, Votery (Voli), Vetton (Badminton), VTAC (Tari), Vesica ( Homeband), Vertebrae (Teater), dan VHC (Veterinary Harmony Choir)

 

Proker RAB : VSAC (Veterinary Sport And Art Competition)

Non RAB : Virtual Teater,Monolog,Mahir Bermusik,Latihan Dan Sparing

  • KEMENTRIAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMIAH VETERINER (LITBANGVET)

KEMIMVET adalah kementerian yang bergerak dalam bidang penelitian dan pengembangan veteriner. Mewadahi dan membantu seluruh mahasiswa FKH UB yang berminat di bidah karya tulis ilmiah dan PKM. Kementerian ini juga menaungi klub yaitu VERTICAL(Veterinary Research and Tactical Club) sebagai wadah pengembangan mahasiswa dalam mengikuti lomba ilmiah.

Program Kerja :

RECTOR CUP, KH GOES TO PIMNAS, VEIN, ON MIPA, PEMILIHAN MAWAPRESS, KADAVER

 

  • KEMENTRIAN PUBLIC RELATION (PR)

Public Relation adalah Kementerian yang merupakan ujung tombak dari seluruh urusan eksternal dari BEM FKH UB. Bertanggung jawab sebagai jembatan dalam menghubungkan BEM FKH UB ke internal fakultas, antar fakultas di lingkungan Universitas Brawijaya ataupun ke Masyarakat. Selain itu tugas dari Kementerian Public Relation adalah sebagai penghubung dari FKH UB ke Fakultas Kedokteran Hewan di Indonesia secara langsung atau melalui Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (IMAKAHI) dan juga internasional melalui International Veterinary Student Association (IVSA). Public Relation menaungi salah satu club yang ada di FKH UB yang bergerak di bidang bahasa inggris yaitu Veterinary English Club (VEC).

Program Kerja:

STUDPRO, PENDELEGASIAN IMAKAHI, KEJAR PESAWAT, TEROPONG IMAKAHI, FACULTY/UNIVERSITY VISIT, CLASSMEETING

  • KEMENTRIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI (KOMINFO)

KOMINFO merupakan Kementerian komunikasi dan informasi dari BEM FKH UB. KOMINFO bertanggung jawab atas branding dan aktifitas media sosial dari BEM FKH UB. Kementrian ini juga menaungi tiga klub di bidang fotografi (Vetshoot), videography (Roll-e), dan jurnalistik (Candida) yang ada di FKH UB.

Proker:

  • VETERINARY CREATIVE CLASS
  • KOMINFO FESTIVAL (INFEST)
  • LINGKAR KOMINFO
  • VETBULL
  • PODCAST

  • KEMENTRIAN EKONOMI KREATIF (EKRAF)

Kementerian Ekraf memiliki tugas dalam dibidang kewirausahaan. Menjadi sumber pengembangan bakat mahasiswa dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan agar dapat menjadi mahasiswa yang mandiri.

  • RAB: Seminar Nasional Kewirausahaan
  • Non RAB: Jas Lab, Baju Angkatan, Baju Bem, Cattlepack, Pmw (Program Mahasiswa Wirausaha), Kh Stuff, Ruang Ukm

  • KEMENTRIAN ADVOKASI DAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA (ADVOKESMA)

Kementerian Advokesma memiliki tugas dalam pengadvokasian problematika seputar permasalahan mahasiswa FKH dan juga Advokesma bertugas untuk menyampaikan informasi seputar kemahasiswaan kepada mahasiswa FKH.

Program Kerja: CRISIS CENTER, EXPO BEASISWA, PENGADVOKASIAN PERMASALAHAN MAHASISWA (KEMAHASISWAAN, ADMINISTRASI, AKADEMIK)

  • KEMENTERIAN KAJIAN DAN STRATEGIS (KASTRAT)

 

Kementrian ini mengkaji isu yang berkaitan dengan veteriner dan nasional, dilanjutkan dengan mengeluarkan pernyataan sikap beserta edukasi mengenai isu tersebut.

Program Kerja : WORLD VETERINARY DAY, SEKOLAH KEBIJAKAN VETERINER, KAJIAN INTERNAL, KAJIAN TERBUKA, HARI PANGAN SEDUNIA

LAPORAN KINERJA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA

2021 PROKER RAB & NON-RAB

Februari – Juni 2022

BEM

  • Lingkar Kominfo (Kominfo)

  • World Veterinary Day (Kastrat)

  • VCL (Kemenkora)

  • KH Goes To Pimnas dan LP2PKM (Litbangvet)

  • KN-MIPA (Litbangvet)

  • Pilmapres (Litbangvet)

  • Seminar Kepenulisan Nasional dan Lomba Esai Nasional (Litbangvet)

  • University Visit (PR)

  • Pendelegasian IMAKAHI (PR)

  • Pendelegasian IMAKAHI (PR)

  • PESAWAT KH (PR)

  • Open House Kolegium FKH UB 2022 (PSDM)

  • Open Recruitmen BEM 2022 (PSDM)

  • Lingkar PSDM 1 (PSDM)

  • VETTO (PSDM)

  • Upgrading 1 BEM (PSDM)

  • Open Tender Kapel- Wakapel PKKMABA 2022 (PSDM)

  • LKMM-TM (PSDM)

  • Sahur on The Road (SOTR) (SOSLING)

  • Earth Day Celebration (SOSLING)

AN-NAHL

  • Pelikan An-Nahl 2022

  • Halaqoh dan halal bihalal.

IMPROVE

  • Orientasi Improve

  • Kuliah Pakar Kesper

  • Growing Kesper

  • Kuliah Pakar 2 Kesper

  • Bukber dan Makrab KEPETA

  • Webinar Funny and Exotic Kepeta : Ep. Sugar Glider (Kepeta)

  • Maturity KEPETA

  • KEPETALK : Live session Sharing with drh. Rini Setiyowati, M. Si (Kepeta)

  • Animal Stray Day

  • Bulgogi KEPETA : Buka Bersama dan Berbagi Bersama KEPETA 

  • Bukber Kertas dan Ketilin

  • Kuliah Pakar Kertas

  • Ovulasi 1 Kertas

  • Ovulasi 2 Kertas

  • Differentia 2022 Kelawar

  • Kuliah Pakar Primata (Kelawar)

  • Kuliah Pakar Reptil (Kelawar)

  • Kuliah Pakar Karnivora (Kelawar)

  • Kelawar Mabuk Bareng

  • Kuliah Kelawar Primata

  • Kuliah Kelawar Aves

  • Nekropsi Reptil